Minggu, Juli 12, 2009

Pemakaman Jacko Telan Rp.14,3 Milyar



LOS ANGELES - Upacara pemakaman Michael Jackson tergolong mewah. Tak heran jika otoritas kota merogoh kocek hingga USD1,4 juta atau lebih dari Rp14,3 miliar.
Kepolisian Los Angeles seperti dikutip Fox News, Kamis (9/7/2009), menyatakan sejumlah USD1,1 juta dihabiskan untuk membayar upah 4.173 petugas keamanan yang berjaga di Staples Center, pemakaman Forest Lawn, dan beberapa lokasi lain.

Sebanyak 3.240 personel polisi dikerahkan untuk mengamankan 250 ribu penggemar yang memadati Staples Center, Selasa lalu. Sebanyak 1.000 personel lainnya sudah bertugas sejak hari sebelumnya.

Juru bicara Walikota Los Angeles, Matt Szabo, menyatakan, sisa dana digunakan untuk sistem pengaturan lalu lintas dan pelaksanaan acara di Staples Center yang dihadiri lebih dari 17 ribu penggemar King of Pop.

"Acara pemakaman berlangsung sukses. Jumlah uang yang dikeluarkan jauh di bawah perhitungan sebelumnya, USD4 juta (Rp40,8 miliar)," jelas Matt.
Usaha pihak pejabat kota Los Angeles untuk mendapat dana dari para penggemar yang disumbang melalui situs internet, tidak berjalan lancar. Dana USD17 ribu terancam hilang karena terjadi kerusakan server beberapa kali sejak Selasa malam.

Sementara AEG Live sebagai operator Staples Center, mengaku tidak mendapat sepeser uang pun dari acara pemakaman. Saat dihubungi, juru bicara AEG, Michael Roth, menolak memberikan komentar.
Meski terbilang fantastis, biaya pemakaman pemilik album 'Thriller' itu masih kalah dibandingkan biaya yang dikeluarkan pemerintah kota Los Angeles saat menggelar parade kemenangan tim basket Los Angeles Lakers di ajang kompetisi NBA. Saat itu biaya yang dikeluarkan mencapai USD2 juta.




0 komentar: